. . : : : Welcome to my official blog , Qky2learn.. literature Faculty of UG 2SA02.10608104 <(^_^)>V : : : . . .

Senin, 12 April 2010

Diposkan oleh Qky


Sistem Pemerintahan

Sistem Pemerintahan UK adalah sistem kabinet Parlementer. Partai yang mendapat kursi terbanyak di parlemen membentuk kabinet. Pemimpin partai yang memenangkan pemilu secara otomatis menjadi Perdana Menteri.

Anggota Kabinet terdiri dari para anggota Parlemen/MP (House of Commons) maupun dari Peers (House of Lords). Perdana Menteri Inggris menunjuk dan mengangkat para Secretary of State. Para Secretary of State membawahi beberapa anggota yang tidak duduk dalam kabinet, seperti Ministers of State, Junior Ministers atau Parliamentary Under-Secretaries of State.

Partai yang mendapatkan suara nomor dua terbanyak menjadi partai oposisi utama. Mereka kemudian menyusun sebuah tim yang disebut sebagai Kabinet Bayangan.

Parlemen. Kekuasaan politik UK berada di parlemen. Tugas Pemerintahan parlemen UK dilaksanakan melalui prosedur yang didasarkan pada tradisi dan kebiasaan yang sudah lama berlangsung. UK tidak mempunyai konstitusi tertulis. Parlemen UK (Westminster) adalah sebuah Legislative Assembly yang memegang kekuasaan tertinggi di UK, dan terdiri dari tiga elemen, yaitu Monarki, House of Commons dan House of Lords yang merupakan tiga lembaga yang terpisah satu sama lain tetapi merupakan suatu Supreme Legislative Authority.

Wakil-wakil rakyat dipilih dari calon-calon yang diajukan partai-partai politik melalui pemilu. House of Commons mempunyai 659 anggota yang terdiri dari para wakil rakyat yang dipilih melalui Pemilu. House of Commons memegang peranan terbesar dalam menentukan haluan politik negara. 659 anggotanya (dinamakan Member of Parliament - MP), dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilu yang dilakukan lima tahun sekali. Anggota House of Lords adalah kalangan bangsawan yang diangkat bukan berdasarkan pemilihan namun berdasarkan keturunan (Hereditary Peers). Jumlah anggota House of Lords saat ini 1222 orang, namun yang aktif hanya 360 orang.

Parlemen dapat mengeluarkan Act of Parliament yang dapat mengubah konstitusi UK. Konstitusi UK tidak ditulis dalam bentuk suatu dokumen khusus, melainkan terdiri dari Undang-Undang yang ada dan telah dibuat sejak lama (Statute Law dan Common Law) serta peraturan dan kebiasaan lain yang sudah diterima masyarakat.

Partai Politik. Sistem kepartaian telah berlangsung sejak abad ke-18. Banyak partai politik di UK namun hanya ada 2 partai besar, yaitu: Partai Konservatif dan Partai Buruh yang selalu bergantian memegang Pemerintahan. Partai terbesar ketiga adalah Partai Liberal Demokrat (LDP). Baik Partai Buruh maupun Partai Konservatif mempunyai pendukung tradisional. Partai Konservatif mempunyai pendukung kuat di daerah pedesaan, sedangkan Partai Buruh mempunyai pendukung kuat di daerah perkotaan, perindustrian, pertambangan dan pemukiman kelas pekerja. Wilayah Wales dan wilayah Skotlandia juga merupakan daerah pendukung kuat Partai Buruh. Sejak Perang Dunia Kedua berakhir, Partai Konservatif telah berhasil memenangkan pemilu sebanyak delapan kali, terakhir pada pemilu tahun 1992. Sedangkan Partai Buruh telah memenangkan tujuh pemilu, termasuk pemilu terakhir pada tahun 2007.

0 komentar: